KOPFI

KOPFI adalah sebuah komunitas yang baru – baru ini saya ikuti. Kepanjangannya adalah kooopppfffiiii Komunitas Pecinta Film Islami. Jadi katanya Kopfi pusat sih komunitas ini bergerak di bidang per-nonton-an film – film yang bernafaskan islami atau film – film yang memuat nilai – nilai positif. Katanya sih gitu heuheu… jadi kegiatannya simple : NOBAR! Kan […]

Ayo Nulis (lagi)

Sudah lama tidak nulis (baca : ngetik) di blog ini. Sejak sudah tidak lagi berlangganan internet menggunakan modem, otomatis segala curahan pikiran dan perasaan hanya tertuang dalam serpihan – serpihan status di berbagai sosial media. Path, Facebook (udah jarang sih kalo yang ini),, Instagram bahkan status – status di BBM lebih banyak menjadi tempat utk […]

Mulailah!

Mulai! Satu kata itu bagiku adalah kata ajaib. Betapa tidak, kata itu adalah kata yang digunakan untuk mengawali sesuatu. Aktifitas, ataupun yang lain. Tentu kata ini sudah tidak asing di telinga kita, didalam tulisan kita, di dalam bacaan kita dll. Cuma terdiri dari 5 huruf kan? Tapi pernahkah kita merasakan bahwa kata iinilah yang berat […]

Benarkah Kita Kader KAMMI?

Sebenarnya judul di atas sudah mengendap dikepalaku semenjak KAMMI Malang selesai mengadakan TFI (Training For Instruktur) beberapa waktu yang lalu. Kebetulan salah satu pematerinya adalah Sam Robert (ada yang bilang Gus ūüėÄ ). Karena waktu itu aku bisa datang pada malam hari dan besok paginya sam robert dan rombongan sudah mau balik ke jogja, malam […]

The Call = Menegangkan!

Beberapa waktu yang lalu aku dikasih sebuah film yang juga ditayangkan tahun 2013. judulnya……. THE CALL! Dari judulnya aja, sudah bisa diartikan film ini pasti berkaitan tentang aktifitas telpon menelpon. Dan benar saja. Film ini menceritakan tentang seorang operator telepon 911 (sebuah panggilan darurat di Amerika yang dioperatori oleh polisi dan digunakan agar masyarakat bisa […]

Mengamati Anak kecil Ngaji

Udah lama banget rasanya gak pernah lagi nulis di blog. Gara – ¬†gara juga udah punya blog baru yang lebih simpel yaituuu….taraaaa….ini dia blog baruku di Tumblr “Pakde Ngeblog“. Selain lebih simple, posting disana gak usah pake panjang – panjang..jadi kalo lagi males posting ya bisa cuma posting kata – kata lintasan pikiran atau posting […]

Lawan Terakhir adalah Diri Sendiri

“Lawan terakhir yang harus kamu hadapi dalam hidup ini bukanlah orang-orang jahat, atau orang lain, melainkan diri mu sendiri” Pernahkah kamu menonton film SPIDERMAN 3 ??? atau film yang baru – baru ini heboh karena muncul sekuel ketiganya yaitu IRON MAN 3?? atau nonton “sinetron jaman dulu” yang diputar setiap hari pada jam 21.00 di […]

Ekspedisi Bromo : Ancen Joss Pokok e

Gunung bromo,saya lihat hanya sekumpulan pasir yang membentuk gunung..tidak ada istimewanya, tapi setiap saya menginjakkan kaki di pasir gunung bromo, selalu ada hal yang terkenang dalam di memori manusiaku¬† itulah kira-kira puisi ngawur¬†ku yang aku deklamasikan ketika mendadak disuruh tampil di DIKLAT TEATER LANGIT ke 6 di Gunung Bromo. Karena mendadak ya sudah lah, jurus […]

Jakarta Maghrib : Film Omnibus Keren!!

Udah lama banget gak nulis di blog..jadi kangen.. Jadinya kemaren coba-coba cari bahan buat nulis di blog, dan akhirnya…taraaaa….aku putuskan menulis tentang film yang belum lama aku tonton yang ke 3 kalinya hehe Film apa itu?? JAKARTA MAGHRIB!! Tahu gak film Omnibus itu apa?bagi yang belum tahu,film omnibus ini film yang di dalamnya ada berbagai […]

Teater Langit, mari kita buat Keramaian lagi

Mumpung masih hangat mau ngadain diklat teater langit malang¬†jadi pengen cerita tentang Teater Langit ini. Teater langit ini merupakan sebuah komunitas teater yang aq bergabung di situ kalo gak salah mulai tahun 2009. Sebenernya aku sudah ikut teater semenjak di pesantren dulu. Kalo dulu dipesantren mah namanya Teater AL-IKHWAH dan dari sini ya belajar dikit-dikit […]

Kuliner Embongan : Soto Betawi dan Jajanan Cimahi

Udah lama gak posting kuliner, untung alhamdulillah kemaren berkesempatan berkunjung ke salah satu daerah di Kota Bandung yaitu Cimahi. Ya sekalipun hanya bisa mencicipi jajanan embong sana karena uang seret Jadwal padet hehe, tapi lumayan lah,jadi ada yang bisa diposting di blog he he ūüėÄ Kali ini aku makan sesuatu yang mungkin mirip dengan makanan […]

Masa Depan Itu Terus Mendekat

Kali ini saya akan menulis tentang sesuatu yang agak serius, berbicara tentang MASA DEPAN. Tapi seperti biasa, aku akan memakai sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang. Berbicara tentang masa depan, maka bayangan dibenak kita mungkin sesuatu hal yang terus kita kejar untuk meraihnya atau sesuatu hal yang menjadi motivasi kita hidup atau berkaitan dengan […]

PASSION Vs ABABIL

Yang terlintas secara refleks ketika kamu mendengar atau membaca kata ABABIL? Pasti yang terlintas dari kata ABABIL¬†adalah remaja alay yang sukanya foto sambil ngelirik ke atas dan nempelin telunjuk jari ke mulut sambil ngelembungin mulut, yang namanya kepanjangantanpaspasi, yang seneng hal-hal yang berbau alay,termasuk yang suka boyband wkwwk (boyband,kelaut aje :)) )… Tapi sumpah, AKU […]

Film Favorit setiap Ramadhan : Para Pencari Tuhan

Akhirnya selesai juga nih tulisan, setelah beberapa kalo pending dan pending..keburu lupa mau nulis apa hehe Siapa yang tidak tahu sinetron Para Pencari Tuhan? kalo belum tahu film yang disutradarai oleh Bang Deddy Mizwar (artis,sutradara yang saya kagumi) rugi banget deh karena sinetron ini hanya tayang sebulan aje dalam setahun yaitu pas bulan ramadhan. Film […]

An Unpredictable thing

Lama gak nulis, eh judulnya malah sok keminggris haha Gak tahu juga ini bener gak secara grammar, yang jelas kalo di google translate ini bener kok haha ūüėÄ Soale sempet mikir bahasa inggrisnya sesuatu yang tak terduga itu apa ya?secara grammar gimana ya?halah,¬†kesuwen! kata orang kalo mau pinter bahasa asing yang penting ngomong dlu,gak peduli […]

Pengalaman Pertama Nyetir Mobil ke luar kota

masih inget dengan postinganku yang awalnya aku tulis karena ikut lomba¬†yang diadain sama telkom speedy yang berjudul Resolusi juara : mimpi besarku 2012?? hehe Sekarang aku pengen cerita tentang perjuanganku untuk mencapai salah satu resolusi itu yaitu bisa MENYETIR mobil jenazah. Begini ceritanya : Proses aku belajar menyetir mobil sudah aku awali ketika tahun 2011. […]

Petualangan Ke Pulau Tak Bertuan

Kalo ingat pengalaman ini maka aku hanya bisa ketawa-ketawa sendiri plus ngeri membayangkan akhirnya aku bisa pulang dengan selamat dari pulau itu setelah dikejar-kejar oleh Tiranosaurus (ngayal.com)…hahaha Kisah ini berawal ketika aku diminta untuk menjadi seorang trainer untuk Outbond Etos Malang. Aku sempet berfikir,aku kan tidak pernah jadi trainer,trus mau ngapain ya?akhirnya aku ingat bahwa […]

Embong Kuliner : 3 Kuliner Embongan

EMBONG KULINER HADIR KEMBALI!!! Pasti para pembaca setiaku yang pasti suka makan pada nungguin kuliner apa lagi yang akan diposting disini #PDtingkattinggi Dan yang pasti kalo baca postingan ini DILARANG NGILER!!bagi yang suka ileran cepet cari tisu ato lap ato kain ato baskom biar tuh iler tidak merembet kemana-mana. Karena Si Penulis sangat cinta Kemakmuran […]

Resolusi Juara | Mimpi besar untuk tahun 2012

Sejak ada film 2012 banyak orang meyakini bahwa tahun 2012 akan benar-benar terjadi kiamat. Bahkan ada yang udah kemas-kemas biar nanti kalo kiamat bisa dibawa ke akhirat (emang malaikat bisa disogok? :D). Pun dengan kejadian bahwa sekitar pertengahan tahun 2012 akan ada badai matahari dan it diyakini sebagai kiamat. Biuh.. -__- SUMPAH ITU HOAX KAWAN!! […]

Sang Wartawan Plus-plus “Dahlan Iskan”

Istilah di atas saya ambil dari sebuah artikel ¬†tentang sepak terjang Pak Dahlan Iskan dan terkumpul dalam sebuah buku yang berjudul “Indonesia Habis Gelap Terbitlah Terang : Kisah Inspiratif Dahlan Iskan, Gaya Wartawan Mengelola Kelistrikan”. Buku yang saya beli di sebuah pameran buku islam di Malang memang sengaja saya pilih karena saya tidak menemukan buku […]

Embong Kuliner : Cah Kangkung Mataram

Udah lama tidak posting blog kawan..kayak ada sesuatu yang hilang gitu hoho Dan sekarang waktunya Embong Kuliner kembali beraksi. Dan Kuliner kali ini adalah….. jeng jeng jeng… Cah Kangkung Mataram!!!! *tepuktangan Eniwei buswei, kemaren tanggal 27-30 aku berkesempatan mengunjungi mataram. Bagaimana pengalamannya, nanti aje dah aku posting berikutnya. OK,kembali ke Laptop!! Salah satu kuliner yang […]

PILDACIL oh..PILDACIL..

Akhir-akhir ini lagi marak sebuah acara televisi yang menayangkan kompetisi da`i cilik ato biasa disebut PILDACIL. Sebenarnya ini sudah pernah diadakan, dan untuk sekarang ini diadakan kembali. Kagum juga aku ma acara itu… Mengutip sedikit perkataan mbah saya Mbah jiwo¬†yang kurang lebih bahwa acara tersebut mampu menjaga “putih”nya jiwa seorang anak. Masih kecil tapi udah […]

Nikmatnya Dapet Uang Hasil Sendiri

Kalo baca judul ini dan sebelum baca semua tulisanku, tolong jangan dalam keadaan negatif ¬†thinking ya, karena ini bukan uang dari hasil nyopet tapi murni uang karena dapet orderan / job hehe Ini uang hasil uang dari dubbing dan editing drama yang akan ditampilkan oleh adik-adik ETOS`er. Yah sebenarnya gak murni aku sih, dalam proses […]

Embong Kuliner : JJK ke FJB

Kali ini pakde melakukan JJK (jalan-jalan Kuliner) ke FJB. Eits, FJB bukan Forum Jual Belinya Kaskus lho, tapi FJB ini Festival Jajanan Bango. Kan kebetulan ni acara muncul di malang, so sebagai orang yang selalu penasaran dengan rasa (baca : gampang luwe :D) so aku gak pengen ketinggalan untuk acara ini. Bagi yang belum tahu […]

Festival kuliner Terheboh di MALANG

Terheboh??ah mungkin aku saja yang terlalu semangat hehe Soalnya aku belum pernah mendengar perbincangan festival kuliner ini diperbincangkan dikalangan temen2..gak tahu juga kalo ini sudah santer dimasyarakat luas dan menjadi salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu. Festival opo tho?karena saya bilang festival kuliner, jadi ini festival tentang makanan-makanan. ya, FESTIVAL JAJANAN BANGO. Festival Kuliner yang […]

Embong Kuliner: Ayam Bakar Bandar Lampung

Baca judulnya jangan dibayangin saya pergi ke lampung ya…gak nyuambung blass ūüėÄ Ini tempatnya ada di Malang lho di daerah belakang SARDO (lupa alamatnya dimana hehe). Sebenernya nama warungnya Ayam Bakar dan Soto Ayam Bandar Lampung. Sebenernya saya waktu itu pengen dibelikan (sory kawan, karena gak punya uang terpaksa dengan senang hati ditraktir -___-“) soto […]

Perjalanan Paling Menyenangkan

Sabtu – Minggu kemaren sengaja aku luangkan waktu untuk berkunjung ke adikku di pesantren MII Camplong dan juga kebetulan ada perpisahan jadi sangat mungkin ketemu dengan teman-teman alumni satu angkatanku. Sungguh ini didasari karena kerinduanku yang sudah memuncak kepada pesantren. Dan kayaknya momentku kemaren itu tepat karena banyak temen2 angkatanku yang datang kesana. Rindu Sekali… […]

Sejenak Menjadi Seniman (Katanya) part 2

Setelah kemaren saya posting tentang nglatih teater di MI Nurul Huda Buring, sekarang saya pengen cerita gimana kronologis perjalanan penampilan teater adek2 MI itu. Satu kalimat yang saya sangat hapal ketika membina disana baik ketika membina MTQ maupun sekarang melatih teater yaitu “Pak, saya gak usah ikut aja pak ya…” atau “sudah pak,saya gak usah […]

Sejenak Menjadi Seniman (katanya)

Hal pertama yang harus diketahui adalah bacanya Mburing ato Buring,karena biasanya kalo orang jawa selalu nambahi dibelakang kata dengan kata “m” seperti kata borong jadi “mborong” haha, sudah ah, kok jadi mbahas ini (lha keluar lagi tambahan huruf “m” nya haha) Sedikit saya perkenalkan di kota Malang ada sebuah desa yang ndueso banget, yaitu desa […]

Aku dan KAMMI

Tepat pada tanggal 13 Maret 2011 kemaren secara resmi kepengurusanku di komsat Brawijaya di demisioner. Itu berarti telah berakhir pula kepengurusanku di komsat. Ntah nanti mau dijadikan pengurus lagi ato tidak ya wallahu `alam, tapi kayaknya tidak dan sebaiknya janganlah hehehe Aku mencoba merenung tentang diriku, tentan perjalanan hidupku termasuk aku masuk dalam dunia KAMMI […]

Berteman dengan Sepi

Aku suka dengan sepi…………… Dengan sepi aku bebas ber-ekspresi,mengkhayal tingkat tinggi tanpa seorangpun yang akan menggugat tingkahku ini… Dengan sepi aku bebas berwacana,tanpa seorangpun yang akan mencecar bahwa wacanaku tak mutu adanya… Dulu ketika aku masih di pesantren, suasana yang paling aku sukai adalah tinggal ketika liburan, sendirian ato hanya beberapa orang….sepi…tapi sengan sepi itu […]