Perjalanan Paling Menyenangkan

Sabtu – Minggu kemaren sengaja aku luangkan waktu untuk berkunjung ke adikku di pesantren MII Camplong dan juga kebetulan ada perpisahan jadi sangat mungkin ketemu dengan teman-teman alumni satu angkatanku. Sungguh ini didasari karena kerinduanku yang sudah memuncak kepada pesantren. Dan kayaknya momentku kemaren itu tepat karena banyak temen2 angkatanku yang datang kesana.

Rindu Sekali…

itu Sebabnya aku bela2in mengcancel agendaku di hari sabtu dan minggu hanya untuk pergi kesana. Ke tempat dimana sejarah hidupku dibentuk. Tempat dimana pemikiranku diasah. Tempat dimana kemampuanku di uji. Tempat pendidikan paling keren dan aku bersyukur sekali menjadi alumni sebuah Pesantren. Dan aku sangat menikmati perjalanan kemaren.

Perjalanan Malang-Surabaya

Aku berangkat dari Malang sekitar hampir jam 7.30, kebetulan ada kakak kelas yang pengen bareng juga, akhirnya ya ditemenin. Koran yang aku beli di terminal cukup membuatku tidak begitu merasakan jauhnya perjalanan (halah,padahal cuma 2 jam :D ). Tapi yang membuat aku rodo jengkel, udah bela2in naik bisa patas dengan harga 2 kali lipat dari bis ekonomi (RP. 15.000) biar ada ACnya, eh ternyata ACnya tidak berfungsi dengan baik. Pas agak macet di Porong, ACnya malah redup >.<

Parah banget deh..

Akhirnya nyampe juga di bungur jam 09.30 (ato sekitar itu lah..). Nah di Bungur ini ternyata nambah personel yang mau berangkat juga ke Camplong. Dan jumlah sementara yang berangkat bareng aku menjadi 6 orang. Ah, bodo amat, yang penting aku bisa nyampe sana sebelum asar. Dan kita berangkat menuju madura dengan bis ekonomi. Satu hal terkadang aku benci naik bis ekonomi adalah panasnya minta ampun, apalagi tujuanku adalah tempat yang panasnya minta ampun. Bahkan konon kalo mandi Pesantrenku yang letaknya di Madura tuh, gak ada seger2nya, yang ada malah gerah lagi hehe…. Ada satu fakta yang terjadi di Bungur. Kalo kita lagi menuju tempat bis kadang kita jadi tarik ulur para makelar, kondektur dll yang saling menawarkan bis dengan tujuan tertentu. Tapi kalo kita bilang “mau ke madura mas”, pasti langsung ditunjukin tempatnya aja tanpa dianterin. Konon katanya karena kernet bis Madura gak mau kasih uang hehe..ada-ada aja..

Perjalanan dari Bungurasih menuju Madura

Kami gak langsung bayar penuh menuju Madura karena ternyata ini tidak melewati jembatan suramadu tapi lewat Pelabuhan Perak. Bisa jadi ngantri di Pelabuhan Perak selama lebih dari 1 jam sekalipun kondektur bilang “ini langsung kok,gak ngantri”. Jadi bayarnya cuma dari bungur menuju pelabuhan perak. Setelah Nyampe Pelabuhan baru pindah Bis yang mengantri lebih depan, alhamdulillah bisnya banyak bangku kosong. Yang jadinya aku bisa duduk sendiri, menyendiri dalam bis, berkutat dengan pikiranku sendiri…

Melintasi Selat Madura

Yang paling menyenangkan dan menenangkan adalah ketika berada di kapal feri. Aku sengaja keluar dari bis, naik keatas kapal feri, menikmati udara dan angin laut. Sungguh aku rindu suasana ini. Aku biarkan pikiranku berkelebat dan mengingat kenangan2 masa lalu. Terlalu banyak kenangan yang dulu telah terjadi. Melihat hamparan laut yang tidak lagi jernih karena mungkin banyak kapal yang melintas dan banyak minyak yang akhirnya mengotorinya. Ntah pikiranku tenang sekali. Semua masalah kampus, kuliah seakan hilang sejenak dan aku menikmati suasana saat itu. Kalo inget kapal very, aku jadi inget pernah menghabiskan waktu di atas kapal fery nyebrang bolak balik Perak – Kamal sampe di usir sama kondekturnya :D …ah ada-ada saja emang…tapi itu juga kenanganku…hembusan angin, suasana pelabuhan itu tetep menancap tajam di memoryku ..

Pun perjalananku yang juga harus melewati kapal very bersama temen2. Waktu itu aku bersama temen2 Kelas (kelas 3 MA) putra memutuskan untuk rihlah ke luar madura, padahal ini belum pernah dilakukan diangkatan2 sebelumnya. Setelah melalui loby-loby  tingkat tinggi akhirnya kita diijinkan pesantren untuk rihlah. Nah karena naik truk besar (padahal kalo keluar kota gak boleh bawa penumpang), pas lewat very semua temen2 pada diem semua agar gak ketahuan  kalo bawa penumpang hehe…

Seperti biasa, perjalanan penyebrangan hanya membutuhkan waktu antara 45 menit sampe 1 jam.

Meluncur menuju Camplong

Dari Perak, menyebrang dan langsung menuju Camplong dengan hanya biaya 23.000. Nah ini perjalanan yang agak menyiksa. Bis Ekonomi yang tidak ada AC dan juga kondisi Madura yang puanas membuat perjalanan agak tidak nyaman. Dan selama perjalanan, saya jadi heran kok lama sekali ya, ni emang perjalanannya yang lama ato jalannya yang tambah puanjang jadi gak nyampe2 *ngayal >.<

2 jam perjalanan akhirnya nyampe Pesantren putra. Subhanallah, rasanya kangenku membuncah. Bertemu dengan temen2ku rasanya kangen sekali dan setiap ketemu mereka mesti aku jabat tangannya dengan erat. Guyon, ngobrol, saling tukar cerita dulu yang konyol dll. Dan rasanya aku gak pengen balik lagi ke malang, PENGEN NYANTRI LAGI!!!

Malemnya acara wisuda dan perpisahan di mulai. Tapi aku gak bisa fokus ke acara. Banyak alumni datang, ustadz2 yang dulu pernah mengajar saya, sehingga saya gunakan kesempatan itu untuk ngobrol sekedar melepas rasa kangen dan juga mencari “petuah2″ dari mereka-mereka hehe…

Gak cukup rasanya hanya sehari disana. Kalo gak inget Seninnya aku udah UAS, mungkin aku masih 1-2 hari lagi disana hehe

ini cerita perjalananku, bagaimana cerita perjalananmu??

Wa Cau.

Advertisements

8 thoughts on “Perjalanan Paling Menyenangkan

  1. hmmmm ceritax juga cukup mewakili ceritaku,,, tp mungkin perjalananQ menuju kesana jauh lbh ribet,,,, dr RS.Brawijaya masih naek becak ke terminal joyo boyo, udh gthu yg jemput tlat smpe 1/2 jm, stlh itu ak kira mau lgsg brgkt ke perak eh trxta masih ke wonokromo, hbs itu ke bungur, dsna nunggu tmnx luaaaammmmaaaaa bgt -+ 1 jam, br dech brgkt mnuju cmplong brg tmn2,,,,
    n bnr2 tiap x k pesantren pngen kmbli NYANTRI lg…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s