PILDACIL oh..PILDACIL..

Akhir-akhir ini lagi marak sebuah acara televisi yang menayangkan kompetisi da`i cilik ato biasa disebut PILDACIL. Sebenarnya ini sudah pernah diadakan, dan untuk sekarang ini diadakan kembali.

Kagum juga aku ma acara itu…

Mengutip sedikit perkataan mbah saya Mbah jiwo yang kurang lebih bahwa acara tersebut mampu menjaga “putih”nya jiwa seorang anak. Masih kecil tapi udah mahir berceramah dengan berbagai metode, cara, dan gaya penyampaian..Keren kan? 😀

Ntah para pemirsa yang budiman menikmati isi yang mereka ceramahkan ato menikmati cuma dari sisi entertainmentnya yang mungkin mereka lucu, ato unik dalam menyampaikan sebuah materi ceramah. Apalagi mereka masih kecil sehingga mereka akan bisa allout dalam performancenya…

But overall (*sokkeminggris 😀 ), acara itu menurutku menjadi sebuah motivasi dan counter wacana tersendiri ditengah banyak artis-artis cilik yang sudah mulai menampakkan gaya artis dan hedonnya. Kita survey saja anak-anak kecil yang ada disekitar kita, lebih sering menyanyikan lagu pop ato melantunkan AL-Quran ato Doa. Lebih banyak hafal lirik lagu ato ayat dari surat-surat pendek ato lirik-lirik lagu islami semisal. huff…

Namun ada satu hal yang masih aku belum paham, kenapa paramater menang ato tidak (baca : eliminiasi) selalu menggunkan polling?Sehingga semisal ada peserta yang gaya dan isi ceramahnya bagus namun kalah poling maka dia akan tersingkir dari kompetisi itu?

Mungkin memang pertimbangannya adalah apakah penonton tertarik dengan penampilannya sehingga akhirnya memberikan poling. Berarti unsur entertainment masih kental disana. Coba kalo paramaternya memang benar-benar karena kemampuan, mungkin akan lebih keren dan lebih melekat keda`iannya. Memang sih untuk tahun ini aku belum menemukan statemen juri yang lebih mengedepankan motivasi materi daripada motivasi agar terus mempertahankan bakat da`inya.

Tapi para pembaca, Yuk kita rame-rame menonton PILDACIL karena semakin banyak yang nonton maka rating acaranya akan naik sehingga akan menarik para sponsor untuk membiayai acara ini. Itu sedikit teori film yang pernah aku baca hehe, mudah-mudah valid 😀

Wa Cau.

5 thoughts on “PILDACIL oh..PILDACIL..

  1. Saya ga gaul amat ya..
    Baru tau ada acara ini..

    di Tivi apa tuh ya?

    saya minta izin tuker link nih ka, linknya dah saya pasang di blog saya..
    makasih..

  2. Namun ada satu hal yang masih aku belum paham, kenapa paramater menang ato tidak (baca : eliminiasi) selalu menggunkan polling?

    Itu karena untuk acara sebesar itu di TV nasional dengan durasi lebih dari satu jam itu membutuhkan semacam UANG.

    Dan dari polling itulah uang terbesar didapatkan, selainnya dari Iklan…

    Memang acara ini wajib ditonton, biar rating naik…

Leave a Reply

