KOPFI

2015-669x1030

KOPFI adalah sebuah komunitas yang baru – baru ini saya ikuti. Kepanjangannya adalah kooopppfffiiii Komunitas Pecinta Film Islami. Jadi katanya Kopfi pusat sih komunitas ini bergerak di bidang per-nonton-an film – film yang bernafaskan islami atau film – film yang memuat nilai – nilai positif. Katanya sih gitu heuheu… jadi kegiatannya simple : NOBAR! Kan asik ada komunitas yang kerjaannya cuma nonton film hehe

Awal pertemuanku dengan komunitas ini berawal dari saran seorang senior di sebuah organisasi untuk membentuk komunitas di Malang. Karena minat dan hobbyku mirip – mirip dengan dunia film dan video akhirnya diminta untuk bentuk KOPFI Malang. Lhadalah ternyata di Malang sudah berdiri, hmmm bukan berdiri namun sudah terbentuk tapi kata ketuanya belum launching gitu deh, akhirnya bertepatan dengan Nobarnya Film Tausiyah Cinta, diajaklah aku sama ketuanya untuk bergabung juga. Karena nih komunitas kerjaannya nonton, ya udah aku ngikut juga.

Sampai hari ini,di KOPFI Malang sudah mengadakan beberapa kali Nobar di Bioskop diantaranya Tausiyah Cinta, Bulan terbelah di Langit Eropa, #HKS, dan yang terakhir adalah film Ketika Mas Gagah Pergi yang disadur dari novel karangan novelis legendaris yaitu Bunda Helvy Tiana Rosa. Enak juga sih ngelola beginian. Jadi update film – film terbaru hahaha

Yah kita tau sendiri lah, kualitas film di Indonesia yang katanya mengikuti pasar. Akhirnya yang bertebaran adalah film – film bernuansa hantu – hantu gak jelas dan semakin menjadi geje karena ditambah adegan esek – esek. Bahkan pernah sebuah film horor melibatkan seorang “(katanya) miyabi” Jepang. Tambah gak jelas kan? Untunglah beberapa waktu terakhir perkembangan film di Indonesia semakin kembali ke jalan yang benar. Film – film yang membawa nilai positif, bahkan film – film yang bertemakan biografi tokoh seperti Tjokroaminoto, Jendral Sudirman, Soekarno dll sudah mulai mewarnai jagad perfilman Indonesia. Ditambah dengan film – film yang terang – terangan menyebutkan dirinya adalah film Islami sudah mulai bermunculan. Yah, setidaknya kita tidak lagi disuguhi film – film hantu2an.

Apalagi jika melihat tayangan TV, haduhh…..bikin tambah gak minat hehe
Mulai dari sinteron yang gak jelas alurnya, gak jelas nilai yang dibawa, apalagi semakin gak jelas dampaknya terhadap yang nonton, hingga film – film yang menyuguhkan film sejarah yang dibungkus dengan fantasi dan disajikan dengan animasi yang terlihat konyol. Duh!

So, dengan adanya komunitas ini, semoga menjadi secercah harapan. Bahwa di negeri ini masih bisa dirubah kok. Minimal dari film yang dibuat. Nah, makanya ayo jadi penonton yang cerdas hehehe

Syukur – syukur mau ikut komunitasnya hehe..

Wa Cau.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s